PERJUSAMI GUDEP 157-158 PANTAI SELATAN DIRAMAIKAN OLEH 8 SEKOLAH

PERJUSAMI GUDEP 157-158 PANTAI SELATAN DIRAMAIKAN OLEH 8 SEKOLAH

Penulis : Rally Amnifu
10 November 2019


Gugus Depan 157-158 Pantai Selatan mengadakan Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (Perjusami) di SD Inpres Tilo, Desa Noesiu, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Kegiatan yang mengusung tema "Dengan Adanya Perjusami, Kita Bina Generasi Muda untuk Kemandirian di Hari Esok" ini, dilaksanakan dalam 3 hari sejak Jumat (8/11/19) hingga Minggu (10/11/19) bertempat di Desa Noesiu, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan.



Kegiatan ini diikuti oleh 8 sekolah yakni SD Negeri Pene Selatan 1, SD Negeri Pene Selatan 2, SD GMIT Se'i 1, SD GMIT Se'i 2, SD Inpres Tilo, SMP Negeri Satu Atap Pene Selatan, SMP Negeri 3 Amanuban Tengah, SMP Negeri Se'i. Beragam kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari ini adalah Mencari Jejak, Kerja Bakti, Ibadah, Api Unggun, Sirene, Pentas Seni, Sosialisasi Hidup Sehat, Sosialisasi Bela Negara dan Kegiatan Olahraga lainnya seperti Pertandingan Tarik Tambang dan Lomba Bawa Bom, Lomba Rakit Simpul, dan lomba lainnya.


Camat Kolbano, Yonatan M. E Lake, S.Sos, yang sempat hadir dan membuka kegiatan perkemahan mengatakan bahwa "ini adalah kegiatan positif yang wajib kita kembangkan, karena generasi muda ini sudah seharusnya kita latih mentalnya demi masa depan nanti." kata Yonatan.



Yonatan melanjutkan "anak-anak pramuka itu akan tampil beda, dengan adanya kegiatan perkemahan seperti ini, anak-anak akan mendapat bekal untuk hari esok yang lebih baik, mereka akan mandiri dengan sendirinya, wawasan mereka terbuka, karena dari kegiatan ini anak-anak akan mendapat banyak pengalaman di luar pembelajaran sekolah dan ini sangat bermanfaat." Kata Yonatan.






Pembina Utama Gudep Samuel Doris Benu, yang merupakan penggerak pramuka di daerah Pantai Selatan ini mengatakan bahwa "Anak-anak ini, kita bina mentalnya, kemandiriannya, kepribadian atau karakter dan kedisiplinannya, agar mereka menjadi generasi yang tidak biasa-biasa melainkan generasi yang luar biasa" papar Samuel.


Samuel juga berharap, sesuai dengan sub tema yaitu Suci dalam Pikiran, Perkataan dan Perbuatan" maka diharapkan peserta kegiatan perjusami ini, dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.





Mabigus SD Negeri Pene Selatan 2, Paulus Boimau selaku Ketua Panitia, mengatakan bahwa kita ini lagi menjalin kasih persaudaraan, gudep yang sudah berdiri sejak 14 Agustus 1994 ini, seharusnya terus berkembang, ada beberapa sekolah yang belum ikut berpartisipasi, jadi kami sangat mengharapkan ke depan mungkin sekolah lain bisa ikut bergabung. 

Paulus mengungkapkan, seharusnya kita terus harus menggalang, menggiatkan kegiatan ini, baik dari segi kualitatif dan kuantitatif, sehingga apa yang kita telorkan ke anak-anak, benar- benar membentuk sikap dan perilaku yang baik sehingga siswa bisa mandiri dan bertanggung jawab dan menjadi generasi emas di hari depan nanti.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lomba Kesenian dan Kebudayaan Daerah Timor Tengah Selatan Meriahkan HUT RI ke-74

MADING, Gadget Sederhana SMP Negeri Satu Atap Pene Selatan